Ayat-Ayat yang menerangkan tentang sopan santun

Di Artikel sebelumnya Ane telah menerangkan tentang belajar beretika atau belajar bersopan santun nah di artikel yang baru ini ada ayat-ayat yang menerangkan sopan santun atau menerangkan tata krama alias menerangkan etika. Dan diantara sekian banyak ayat-ayat dan surat-surat Al-Qur'an ada yang menjelaskan tentang Fiqh, Fisika, Sosiologi dan lain sebagainya tapi ternyata ada juga ayat yang menerangkan tentang etika Firman Allah
 "Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan."
(Q.S Luqman : 6)



dan mungkin itu adalah ayat yang mengajarkan kita bagaiman kita berkata dengan sopan atau paling easy etika dalam bicara mulai dari awal sampai akhir ucapan padahal Nabi SAW sendiri bersabda
"Berkatalah kalian dengan sopan dan jujur Niscaya Allah akan menambahkan ampunanNya kepada kalian"
(H.R Imam Muslim)

Yang terjadi sekarang adalah sopan santun mulai terdengar langka dan jarang dipakai disebabkan beberapa alasan yang mungkin kurang masuk akal seperti alasan kekeluargaan, persahabatan dan lain sebagainya padahal didalam kekeluargaan dan persahabatan ada sopan santunnya ada etika ada tata kramanya

Allah berfirman
"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu."
(Q.S Luqman : 14)
maksud ayat diatas adalah bagaiman kita menjaga sopan santun kepada orang tua kita dan bagaimana pula mereka membesarkan dan mendidik kita jadi bila ada istilah "Air susu dibalas dengan Air Tuba" adalah kita yang tidak pernah mau tau dengan kondisi orang tua.
tapi bagaimana bila ada istilah "Air susu ditambah dengan Air Tuba"? istilah tersebut berbeda dengan istilah diatas istilah tersebut merupakan peribahasa bagaimana orang tua kita yang sudah membesarkan dan mendidik kita ternyata menyuruh kita berbuat yang bukan-bukan bukankah itu sama saja dengan kita sopan.
jadi bila bertemu dengan orang yang kurang beretika maka yang pertama dilakukan adalah berilah penjelasan baiknya beretika.
ada istilah "Alangkah lebih sopan bila kita menjadi orang yang jujur tapi lebih jujur lagi bila kita menjadi orang yang sopan"
jadi selamat beretika dan selamat bersopan santun

1 komentar:

Unknown mengatakan...

good

Posting Komentar

 
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere