Profil Ilmuwan Islam

1. Ibnu haitam
Ibnu Haitam
    Ibnu Haitam atau dalam bahasa arab disebut sebagai Abu Ali Muhammad Al-Hassan Bin Al-Haitam adalah seorang ilmuwan dan fisikawan di Timur Tengah tetapi didunia barat dikenal dengan sebutan Alhazen adalah seorang penemu rumus fisika "optik" yang gemar melakukan berbagai penelitian dan penyelidikan dan disebut sebagai penemu alat-alat optik seperti cermin, teleskop, kacamata dan lain sebagainya. dan ketika itu Ibnu Haitam pernah berhijrah ke Mesir. Ibnu Haitam dilahirkan di Basrah, Baghdad pada tahun 965 Masehi beliau dikenal ahli matematika, geometri, falak, sains, fisika, pengobatan, dan filsafat dan telah menyumbangkan ilmu atau ilham ke dua ahli sains barat seperti boger, bacon, dan kepler dalam menciptakan mikroskop dan teleskop.
Ibnu Haitam sendiri juga membuktikan pandangannya beliau begitu ghairah mencari dan mendalami ilmu pengetahuan pada usia mudanya.
Sumbangan Ibnu Haitam kepada ilmu sains dan filsafat teramat banyak. Karena itulah Ibnu Haitam dikenal sebagai orang yang miskin dari segi harta akan tetapi kaya dari segi ilmu pengetahuan dan sains. 
dan inilah buku hasil karya Ibnu haitam 
  1. Al'Jami' fi Usul al'Hisab yang mengandungi teori-teori ilmu metametik dan metametik penganalisaannya;
  2. Kitab al-Tahlil wa al'Tarkib mengenai ilmu geometri;
  3. Kitab Tahlil ai'masa^il al 'Adadiyah tentang algebra;
  4. Maqalah fi Istikhraj Simat al'Qiblah yang mengupas tentang arah kiblat bagi segenap rantau;
  5. M.aqalah fima Tad'u llaih mengenai penggunaan geometri dalam urusan hukum syarak dan
  6. Risalah fi Sina'at al-Syi'r mengenai teknik penulisan puisi.
dan bahkan dunia barat yang masih diselimuti kegelapan pun menganugrahi Ibnu Haitam sebagai fisikawan dan juga ahli filsafat yang telah menyumbangkan ilmu pengetahuan dan filsafahnya ke dunia bukan saja dunia Timur Tengah dan barat tetapi juga ke seluruh dunia
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Ibnu_Haitham

0 komentar:

Posting Komentar

 
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere