Ayat-ayat Qur'an yang menerangkan fisika

Disekolah kita mungkin sudah tidak asing dengan mata pelajaran fisika yaitu mata kuliah yang menjadi squel dari matematika ini ternyata di Al-Qur'an pun sudah ada dan Allah sudah mengajarkan kita ilmu fisikaNya melalui ayat-ayat Al-Qur'an yang menerangkan fisika atau bisa kita sebut dengan ayat-ayat fisika dari sekian banyak ayat-ayat Al-Qur'an yang menerangkan tentang agama, etika, dan lain sebagainya ternyata ada juga ayat yang menerangkan tentang fisika. Dan inilah ayat-ayat yang menerangkan fisika

Firman Allah dalam Surat Yaasiin  :
"Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam, Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan. dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya. "
(Q.S YaaSiin : 37-40)

Dan Allah Berfirman dalam Surat Faathir :
"Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan."
(Q.S Faathir : 13)

Allah menjelaskan dalam Surat Ash-Shaaffaat :
"Tuhan langit dan bumi dan apa yang berada di antara keduanya dan Tuhan tempat-tempat terbit matahari.Sesungguhnya Kami telah menghias langit yang terdekat dengan hiasan, yaitu bintang-bintang" 
 (Q.S Ash-Shaaffaat : 5-6)


Dan Allah telah menerangkan dalam Surat Az-Zumar :
"Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun."
(Q.S Az-Zumar : 5)

Allah telah berfirman dalam Surat Al-baqarah :
"Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu."
(Q.S Al-Baqarah : 29)


Dan firman Allah dalam surat Al-An'aam :
 "Dan kepunyaan Allah-lah segala yang ada pada malam dan siang. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."
(Q.S Al-An'aam : 13)

Dan masih banyak lagi ayat-ayat Qur'an yang menerangkan tentang fisika.
benar-benar Maha Suci Allah yang telah membentangkan ilmuNya tanpa batas dan mengajarkannya kepada kita perhitungan-perhitungan yang akurat dan tepat.
Dan ilmu fisika yang diajarkan di sekolah-sekolah merupakan ilmu fisika yang ada di Al-Qur'an jadi setiap membaca Qur'an menemui ayat-ayat fisika jangan heran karena itu adalah ilmu fisikaNya Allah.
Jadi apakah kita sudah mempelajari ilmu fisika yang telah Allah jelaskan di dalam Al-Qur'an?
Karena disetiap ayat Qur'an yang berhubungan dengan fisika selalu Allah sediakan untuk hamba-hambaNya yang senantiasa ingin mengetahui rumus perhitungan fisika baik secara matematis maupun secara fisika itu sendiri.
So selamat mempelajari ilmu fisika yang Allah terangkan dalam Al-Qur'an mas brow ;)



0 komentar:

Posting Komentar

 
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by 9thsphere